5 Daftar Festival di Jepang yang Wajib Anda Ketahui

Dapat dikatakan bahwa Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang sukses mencuri perhatian para pelancong dunia. Berbagai keunikan budaya, kuliner, keindahan alam dan keseruan lainnya menanti para pelancong yang datang berkunjung.


Bagi Anda yang berencana mengunjungi negeri sakura ini, tentu sudah menggali informasi tempat-tempat memukau yang akan dikunjungi selama berada di negara ini. Tetapi keajaiban pesona dari Jepang tidak hanya sekedar tempat-tempat wisatanya. Jepang selalu memiliki keunikannya sendiri yang menjadi daya tarik, sehingga Anda juga harus mencari informasi mengenai festival-festival yang diselenggarakan di negara yang memiliki baju tradisional kimono ini.  Siapa sangka, ternyata Jepang memiliki segudang festival yang di selenggarakan sepanjang tahun.



Tidak ada salahnya jika Anda juga menghadiri berbagai festival unik nan menghibur selama anda berada di negeri samurai ini. Dalam artikel berikut, Anda akan disajikan lima daftar festival di Jepang yang wajib Anda ketahui. Maka dari itu bergegaslah untuk mengemas barang bawaan dan cari tiket pesawat dalam berkunjung ke Negeri Sakura tersebut dan menyaksikan festival unik yang diselenggarakan di negara ini.

Festival Boneka

Dalam rangka menyemarakan Hari Anak Perempuan yang diperingati masyarakat Jepang, festival boneka diadakan. Festival ini  menempatkan serangkaian boneka khsusus yang disusun secarah rapih berjajar. Anda bisa melihat festival boneka pada tanggal 3 Maret. Keunikan dari festival ini karena kepercayaan masyarakat setempat yang percaya bahwa boneka-boneka tersebut dapat menghilangkan roh jahat serta bentuk doa dari orang tua bagi kesehatan dan kehidupan anak perempuan mereka.

Festival Tiang Lentera

Festival Tiang Lentera diselenggarakan sebagai bentuk harapan dan permohonan agar mendapatkan hasil panen yang melimpah. Jika Anda tertarik dan ingin melihat langsung festival ini, Anda bisa mengunjunginya pada tanggal 3-6 Agustus, karena pada tanggal tersebut festival yang diramaikan dengan lentera-lentera yang menjulang tinggi ini diselenggarakan. Bersiaplah terpukau dengan aksi para perfirmers yang membaya dengan seimbang sebuah tiang bambu tinggi yang berisikan lentera kertas. Tidak tanggung-tanggung ketinggiannya bisa mencapai 12 meter dan berbobot 50 kilogram. Keramaian festival ini ditambah ketika suara gendang dan seruilang tradisional yang dimainkan oleh para pemusik ikut memeriahkan.

Festival Salju Kamakura

Festival yang berlangsung pada tanggal 15-16 Februari ini diselenggarakan di Kota Yakote. Layaknya rumah khas di Kutub Utara, di Festival Salju Kamakura akan ditampilkan banyak sekali rumah salju yang berbentuk seperti igloo atau yang bisa disebut dengan kamakura. Uniknya di dalam kamakira tersebut terdapat sebuah altar salju. Bukanlah tanpa alasan, altar salju tersebut memiliki tujuan sebagai persembahan masyarakat untuk Dewa Air. Mereka berdoa kepada Dewa Air agar diberikan air yang cukup.

Festival Jidai Matsuri

Ingat tanggalnya! Karena setiap tanggal 22 Oktober, Anda bisa menyaksikan festival jidai matsuri. Ribuan orang beramai-ramai menjadi peserta sebagai bagian untuk memeriahkan keberlangsungan festival ini. Karena peserta yang begitu banyak, dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menyaksikan seluruh prosesi festival yang dislenggarakan dalam rangka memperingati hari berdirinya kota Kyoto ini.  Pengunjungyang datang akan terhibur oleh para peserta yang melakukan parade. Mereka berjalan-jalan sambil mengenakan pakaian tradisional yang khas dan unik, sehingga sangat menampilkan budaya Jepang yang eksotis dan mempesona.

Festival Lampion

Sebelum festival tiang lentera, festival serupa bisa Anda saksikan di tanggal 2-7 Agustus. Tidak jauh berbeda dengan lentera, kali ini festival lampion yang akan menghiasi dan meraimaikan kota Aomori. Festival yang diselenggarakan saat musin panas ini akan siap menghibur Anda yang berkunjung dengan parade harian yang dipenuhi oleh lampion-lampion raksaksa. Bentuk dari lampion itu sendiri biasanya menggambarkan para dewa dan tokoh sejarah dari kebudayaan Jepang dan China. Selain lampion, Anda juga akan terhibur oleh para pemain musik tradisional dan para penari yang ikut menyemarakan festival ini.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label